Sunday 16 July 2017

Mereka Juga Manusia!



Menjadi manusia normal, tentu impian setiap manusia yang lahir di dunia. Jika tak percaya, tanyakan kepada mereka yang tuna netra, tentu mereka menginginkan sepasang mata agar bisa merasakan siang dan malam. Bagi mereka yang terlahir cacat fisik, tentu mereka menginginkan anggota tubuhnya lengkap seperti manusia yang lain. Pun begitu dengan mereka yang memiliki kecondongan seksual yang berbeda, tentu jauh dalam hati sanubarinya terbesit keinginan agar memiliki ketertarikan terhadap lawan jenis. Sayang, semua yang ada sudah menjadi kuasa dari Sang Maha Kuasa.
Parahnya, orang yang mengalami perbedaan daya tarik seksualitas ini, rentan akan cemoohan masyarakat. Penampilannya yang tak biasa, menimbulkan teori labeling yang terus melekat bahkan sampai dia meninggal. Sungguh, seandainya disodorkan sebuah pertanyaan, tentu orang ini akan meminta agar Tuhan tak melahirkannya saja ke dunia daripada terlahir namun dengan fitrah yang berbeda. Sebab, orang tuna netra ataupun cacat fisik dapat dinilai dari luar, namun seorang yang menderita batin seumur hidup akan menderita sampai ajal menjemput.
Bukan tak mungkin pula, selama hidup, manusia yang memiliki orientasi seksualitas sesama jenis ini mengalami tekanan batin yang diperoleh dari masyarakat. Tak jarang, bagi mereka yang takut menampakkan diri, terpaksa mengelabui jati diri yang sebenarnya. Tentu, sebuah manipulasi yang terpaksa dilakukan dengan tujuan agar tak dihina masyarakat setempat.
Sejujurnya, segala sesuatu yang terjadi merupakan takdir Tuhan. Termasuk orientasi seksual yang dialami segelintir orang ini. Jika didalami lebih lanjut, menyukai seseorang merupakan fitrah Tuhan termasuk yang dirasakan mereka. Namun, agama jelas melarang hubungan sesama jenis sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab suci agama Islam. Dari sinilah kita melihat bahwa menyukai sesama jenis itu merupakan fitrah Tuhan, hanya saja Ia memiliki cara dalam menguji hambaNya. LGBT adalah sebuah pilihan bukan sebagai takdir. Takdir hanya berpihak pada rasa suka, namun menolak terhadap tindakan selanjutnya yaitu berhubungan dengan sesama jenis apalagi sampai terlibat LGBT.
Lantas, hanya satu cara yang perlu dilakukan oleh mereka yang merasa memiliki orientasi berbeda, yakni mendekatkan diri pada Tuhan. Itu saja. Apapun agamanya. Tak peduli dia pencopet atau pembunuh, dekatkan saja dengan Yang Di Atas. Sebab dia Yang Maha Bisa Segalanya. Tuhan bisa serta merta mengganti fitrah rasa suka sesama jenis menjadi suka lawan jenis dalam satu detik. Hal ini tak sulit bagiNya. Namun, jika Tuhan tak berkehendak, tentu Ia memiliki maksud sendiri dalam menguji makhlukNya yang bernama manusia ini.
Untuk itu, mari saling mengunci mulut dan hati. Mereka yang merasakan pebedaan dalam orientasi seksualnya, justru merasakan tekanan batin sepanjang dia hidup. Orang miskin jelas terlihat penderitaannya dalam mencari uang. Tetapi seorang yang menderita batin, akan terpaksa bersembunyi dan tak bakalan membuka diri. Kecuali, bagi mereka yang dengan terang-terangan menjalin LGBT.
Sekali lagi, LGBT adalah pilihan, tetapi rasa suka terhadap siapapun itu merupakan fitrah Tuhan. Jika Anda termasuk dari seorang yang memiliki orientasi seksual sesama jenis, alangkah baiknya dekatkan diri pada Tuhan. Sebab kepadaNyalah semuanya kembali. Percayalah. Segala beban yang Anda pikul selama ini, akan terasa ringan jika Anda nyaman bercerita denganNya. Barangkali pula, sempat Anda terbesit untuk melakukan bunuh diri akibat menanggung beban hidup. Sekali lagi, dekatkan diri pada Tuhan. Hanya ini jalan satu-satunya yang terbuka lebar agar Anda memahami mengapa Ia berkenan menciptakan Anda di dunia dengan segala cobaan hidup seperti ini.
Saya tak mau menyebut bahwa kelainan semacam ini disebut suatu penyakit layaknya beberapa pakar dan ulama yang menyebutnya demikian. Tetapi, saya lebih nyaman menyebutnya sebagai cobaan hidup yang akan diderita seumur hidup. Yang harus dijalani, apapun yang terjadi.

Terakhir, saya juga tak mau bersikap sok suci dengan mengajak lebih dekat dengan Tuhan. Namun, kepada siapa lagi kita akan bercerita kalau bukan denganNya? Sedang manusia sendiri banyak yang mencibir.

No comments:

Post a Comment

Hikayat Seorang Santri Bodoh

Usiaku lima belas tahun waktu itu. Saat aku terbuang ke Madura. Ya, di sebuah pesantren Al-Amien inilah aku harus bersemedi. Tak tanggung...